Rutin konsumsi tomat lawan penuaan

Tak hanya dikenal berkat rasanya yang menyegarkan dan berfungsi untuk menyedapkan masakan, tomat juga bermanfat besar untuk kesehatan kulit.

Tomat mengandung lycopene, di mana saat dikonsumi akan menjadi antioksidan dan bekerja sebagai tabir surya dari dalam tubuh.

Antioksidan ini membuat tomat berfungsi sebagai produk anti-aging, yang melawan kerusakan sel dan penuaan kulit.

Nah, daripada Anda merogoh kocek cukup dalam, berikut langkah mudah untuk mendapatkan kulit sehat dengan bahan buah tomat.

  • Pori-pori besar merupakan akses mudah bagi kotoran dan bakteri untuk masuk ke dalamnya. Ambil satu sendok teh jus tomat dan tambahkan dua hingga empat tetes jus lemon. Oleskan campuran ini ke wajah dengan bantuan kapas. Pijat-pijat dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin. Pemakaian secara teratur akan membantu mengecilkan pori-pori.
  • Kandungan asam yang terdapat dalam buah tomat membantu mengurangi jerawat di wajah. Selama ini, obat jerawat banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Sementara tomat kaya vitamin A, C dan K. Jika Anda memiliki jerawat ringan, iris tomat dan tempatkan bagian dalamnya di wajah. Untuk jerawah membandel, hancurkan tomat segar dan oleskan di wajah. Biarkan selama satu jam, lalu bersihkan dan beri pelembab wajah. Pergunakan secara rutin maka jerawat Anda cepat mengering.
  • Bila kulit Anda berminyak sehingga membuat wajah seperti gorengan, tomat merupakan solusinya. Hancurkan tomat segar dan saring. Ambil sedikit jus mentimun dan tambahkan pada jus tomattersebut. Bubuhkan ke kapas dan pergunakan setiap hari untuk mengontrol minyak dan jerawat di wajah.
  • Masker tomat dan apokat bekerja maksimal pada kulit kombinasi. Tomat yang berfungsi sebagai astringent, untuk mengurangi minyak dan komedo di wajah, sedangkan apokat berfungsi sebagai antiseptik dan efeknya yang melembabkan. Campuran tomat dan apokat akan mendinginkan dan membersihkan kulit kombinasi (berminyak dan kering) karena mengandung vitamin A, C dan E. Oleskan di wajah dan biarkan selama 20-30 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Sumber: Tribun News

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s