9 Cara tingkatkan kecerdasan otak

Setiap orang di dunia tentu ingin memiliki kecerdasan di atas rata-rata orang lain di sekitar mereka. Untuk bisa melakukannya, Anda tidak hanya perlu belajar, tetapi juga menjalani gaya hidup sehat. Ini dapat membantu Anda meningkatkan kecerdasan dan membuat tubuh jadi lebih bugar. Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang dapat meningkatkan intelegensi Anda.

1. Sarapan bergizi
Banyak orang sering melewatkan waktu sarapan dan bekerja dengan perut kosong. Perut kosong membuat Anda tidak fokus dan tidak produktif. Penelitian juga membuktikan bahwa orang yang selalu sarapan lebih cerdas daripada orang yang melewatkan itu. Hal ini dikarenakan otak membutuhkan glukosa di pagi hari.

2. Olahraga
Setiap mesin butuh dipanasi terlebih dulu agar dapat dioperasikan dengan baik. Dan begitu juga tubuh Anda. Dengan berolahraga, aliran darah ke otak akan lebih lancar. Itu tentunya dapat meningkatkan kemampuan otak.

3. Dapatkan cukup tidur
Untuk meningkatkan kecerdasan, Anda harus tidur setidaknya 8 jam tidur dalam sehari. Otak butuh istirahat dan begitu juga tubuh Anda. Sulit tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk jantung.

4. Mengganti gula dengan madu
Anda mungkin merasa bahwa gula dapat mempertajam otak, tetapi Anda salah. Gula menyebabkan peningkatan glukosa dalam darah dan hanya memberi sedikit energi untuk sementara. Anda bisa mengganti gula dengan madu yang diketahui lebih sehat dan baik untuk tubuh.

5. Membaca
Kesenangan adalah dasar untuk terus belajar dan tidak ada akhir untuk belajar dalam hidup kita. Membaca buku dapat menambah ilmu pengetahuan Anda. Membaca juga membantu meningkatkan konsentrasi dan melatih otak.

6. Antioksidan
Makanan kaya antioksidan adalah makanan terbaik untuk otak. Alasan sederhana untuk ini adalah bahwa mereka melindungi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas, contohnya dengan minum jus Amazon Plus. Antioksidan super yang terbuat dari bahan-bahan ‘superfruits‘.

7. Bermain teka-teki
Sama seperti otot tubuh, otak juga membutuhkan beberapa latihan. Jika Anda tidak menggunakan otak, itu akan membuatnya malas dan Anda akan menjadi bodoh. Jadi, cobalah bermain teka-teki, permainan Sudoku dan game otak lainnya. Ini akan membuat otak tetap aktif.

8. Bermeditasi
Anda mungkin tidak pernah sadar bahwa otak telah melakukan semua kerja keras untuk Anda. Itu sebabnya, kadang-kadang Anda merasa Anda tidak memiliki kontrol atas otak Anda. Bermeditasi dapat membantu Anda tetap tenang dan memulihkan kemampuan mental Anda.

9. Berhenti mengonsumsi sampah
Jangan rusak otak Anda dengan mengonsumsi makanan tidak sehat. Ubah pola makan Anda dan konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan otak Anda.

Inilah sembilan cara untuk meningkatkan kemampuan intelegensi Anda. Menjadi cerdas bukan hanya tentang mempelajari sesuatu, tetapi juga menjalankan gaya hidup yang dapat mendorong Anda untuk menjadi lebih cerdas.

Sumber: Merdeka.com

Iklan