Fakta gizi Acai berry

Apakah Acai berry memiliki kadar antioksidan tertinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti delima, blueberry, dll?

Selama berabad-abad berry telah menjadi makanan pokok tradisional suku Basin Amazon, tapi entah mengapa baru-baru ini saja acai berry mendapat pengakuan sebagai “makanan super” di dunia barat. Meskipun demikian, berry indah ini memiliki tingkat antioksidan yang sangat baik, serta kandungan mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh.

Keuntungan kesehatan acai berry

  • Tidak seperti berry dan buah-buahan lainnya, acai memiliki nilai lemak dan kalori yang tinggi. 100g buah acai berry menyediakan sekitar 80-250 kalori, tergantung dengan cara penyajiannya. Bahkan, selama berabad-abad acai berry segar telah menjadi makanan pokok bergizi bagi rakyat asli Amazon.
  • Acai berry mengandung banyak senyawa polifenol antosianin seperti resveratrol, cyanidin-3-galactoside, ferulic acid, delphinidin, petunidin serta zat tanin pro-anthocyanidin seperti epicatechin, asam protocatechuic dan asam ellagic. Studi ilmiah menunjukkan bahwa senyawa ini telah diklaim sebagai antipenuaan, antiinflamasi, berfungsi sebagai antikanker karena melawan radikal bebas. Selain itu, tanin dikenal memiliki antiinfeksi, antiinflamasi dan antihemoragik.
  • Studi penelitian utama menunjukkan bahwa asam ellagic dalam acai memiliki sifat antiproliferasi berdasarkan kemampuannya untuk menghambat DNA yang mengikat karsinogen tertentu.
  • Acai berry juga kaya akan asam oleat (omega-9) dan asam linoleat (omega-6). Senyawa ini membantu menurunkan kadar LDL-kolesterol dan meningkatkan kadar HDL-kolesterol baik dalam tubuh, sehingga membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, lemak esensial membantu mencegah kekeringan kulit dengan mempertahankan kelembabannya.
  • Acai pulp memiliki tingkat serat makanan. Serat yang cukup dalam diet dapat membantu membersihkan kolesterol melalui feses.
  • Acai berry mengandung jumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, besi dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  • Selanjutnya, mereka kaya akan vitamin B-kompleks dan vitamin-K. Mengandung niacin, vitamin B-6 dan riboflavin. Vitamin ini berfungsi sebagai co-faktor dan membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.

Acai digunakan dalam pengobatan tradisional

  • Ekstrak Acai telah digunakan oleh suku Basin Amazon sebagai obat untuk pengobatan diare, infeksi parasit, pendarahan dan pengobatan ulkus.
  • Semacam rebusan dari biji acai berry yang telah hancur digunakan dalam mengobati demam.
  • Rebusan dari akarnya digunakan dalam pengobatan nyeri haid, penyakit hati, malaria dalam budaya Peru.

 

 

 

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s