Cara turunkan PSA

Bagaimana caranya untuk dapat menurunkan kadar PSA (prostate-specific antigen)? Pertanyaan ini pasti muncul ketika Anda menerima hasil tes dengan kadar PSA yang tinggi. Mungkin Anda merasa khawatir dengan keadaan PSA yang lebih dari angka normal, bahkan jauh di atas rata-rata.
Faktor penyebab tingkat PSA tinggi :
• Kanker prostat
• Prostatitis (radang prostat)
Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)
• Obat yang dipakai untuk mengobati BPH
• Infeksi saluran kemih
• Kateterisasi dan ejakulasi terakhir, secara temporer dapat meningkatkan PSA
• Usia

Kebanyakan pria prihatin dengan penyebab kadar PSA yang tinggi. Apakah penyebabnya karena kanker atau mungkin sesuatu yang lain? Tidak ada orang yang ingin memiliki nilai PSA abnormal. Jika Anda mengalami kejadian ini, lewat artikel ini Anda dapat menemukan jawabannya.

Anda dapat memiliki prostat yang sehat salah satunya melalui gaya hidup dan pola makan. Meskipun usia dan riwayat keluarga merupakan salah satu faktor internal yang sulit untuk dihindari, cara ini merupakan langkah terbaik untuk dapat menurunkan tingkat PSA Anda, berikut ulasannya :

Kurangi Makan Daging
Pembesaran prostat dipengaruhi oleh hormon. Hormon akan terus bertambah ketika Anda mengonsumsi daging dan produk susu olahan. Ini merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan pembesaran prostat. Daging memiliki kandungan lemak yang tidak sehat, mengurangi konsumsinya dapat menurunkan berat badan dan juga mengatasi masalah pembesaran prostat yang dapat berujung pada kanker. Makan sayuran organik yang kaya akan vitamin lebih baik untuk kesehatan prostat yang Anda miliki.

Makan Tomat
Makan tomat, terutama tomat yang telah dimasak dapat membantu menurunkan PSA dan mengurangi risiko kanker prostat. Tomat memiliki antioksidan kuat yang dapat menurunkan tingkat kanker prostat hingga 65%.

Berolahraga
Studi menemukan ketika Anda melakukan latihan aerobik, yoga dan meditasi dapat membantu menurunkan kadar PSA. Latihan aerobik dianggap bermanfaat untuk menurunkan PSA karena membantu menurunkan berat badan. Masalah berat badan berkaitan dengan produksi hormon yang mempengaruhi kesehatan prostat. Yoga dan meditasi dapat mengurangi stres, karena hormon dapat timbul akibat dari tingginya tingkat stres. Kegiatan tersebut dapat Anda tambahkan sebagai kegiatan rutin yang harus dijalani setiap minggunya.

Minum jus delima merah
Penelitian menunjukkan bahwa jus buah delima dapat membantu untuk melawan kanker prostat. Jus ini kaya fitokimia, telah terbukti dapat membunuh sel-sel kanker prostat agresif dan memperlambat laju penggandaan PSA.

Beberapa cara yang telah diulas dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda, hindari konsumsi daging dan makanan berlemak, utamakan untuk makan sayuran. Rutin melakukan kegiatan yoga, meditasi atau aerobik. Dan jangan lupa untuk konsumsi Amazon Plus yang mengandung tomat dan delima merah, kandungan kedua buah-buahan tersebut dapat menghindari kadar PSA yang terlalu tinggi.

Sumber: prostate.net

Iklan