Memerangi kanker dengan “superfoods”

Beberapa langkah untuk menghindari penyakit kanker, mungkin bukan hal yang sulit untuk diterapkan. “Segala studi berkenaan dengan titik penyakit kanker menyarankan untuk mengonsumsi makanan nabati karena kaya akan fitonutrien dan senyawa khusus lainnya,” ujar Richard Beliveau, PhD, Ketua pencegahan dan pengobatan kanker di University of Québec di Montreal dan penulis makanan untuk melawan Kanker.

Targetkan 5-9 porsi harian dari semua jenis buah-buahan dan sayuran, terutama pada enam jenis ‘superfoods’ berikut ini: Brokoli, Berry seperti acai berry dan blueberry dalam Amazon Plus, tomat juga ada dalam Amazon Plus, buah kenari, bawang putih dan ginjal bean hitam.

Berry
“Seluruh buah beri dikemas dengan fitonutrien untuk melawan kanker. Beri hitam, secara khusus memiliki konsentrasi yang sangat tinggi dari fitokimia yang disebut anthocyanin. Dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel pra kanker dan menjaga pembuluh darah baru dari pembentukan (tumor kanker),” ungkap Gary D. Stoner, PhD, profesor kedokteran internal di The Ohio State University College of Medicine. Manfaat berry dapat membantu melawan: usus besar, esofagus, kanker kulit dan mulut.

Tomat
Buah ini merupakan sumber makanan terbaik dari lycopene, suatu karotenoid yang memberikan warna merah pada tomat. Sebuah studi di Nutrisi dan Kanker menemukan lycopene mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrium. Kanker dinding rahim (endometrium) menyebabkan hampir 8.000 kematian per tahunnya. Buah tomat dapat membantu melawan: endometrium, paru-paru, prostat, dan kanker perut.

“Sementara para peneliti masih berupaya untuk menetapkan makanan mana yang memiliki manfaat dalam mencegah kanker, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang seharusnya tidak dimakan,” jelas Cheryl Forberg, RD, penulis Positively Ageless. Hindari makanan Lemak hewani: Daging, keju, dan mentega yang kaya akan lemak jenuh yang dapat menyebabkan penyakit obesitas dan kanker.

Sumber: health.com

Iklan