Apa itu Xanthone?

Xanthone merupakan senyawa organik dengan rumus molekul C13H8O2. Mempunyai aktivitas antioksidan yang lebih kuat dari vitamin E, salah satu senyawa alam yang dikenal sebagai antioksidan paling kuat…

Struktur kimia xanthone membentuk inti pusat di berbagai senyawa organik alami, contohnya mangostin, keseluruhannya disebut sebagai xanthone atau xanthonoid. Lebih dari 200 xanthone telah diidentifikasi. Xanthone adalah konstituen tanaman alami pada keluarga Bonnetiaceae dan Clusiaceae serta ditemukan di beberapa spesies pada keluarga Podostemaceae. Banyaknya xanthone tersebut ditemukan pada pericarp buah manggis (Garcinia mangostana).

Kulit buah manggis dan hampir semua bagian tanaman pohon manggis mengandung xanthone. Di antara fitonutrien kuat yang ditemukan dalam kulit dari manggis, xanthone dapat berdiri sendiri memberikan manfaat yang sangat mengesankan. Studi ilmiah menunjukkan bahwa xanthone dapat mempromosikan fungsi kesehatan bagi tubuh.

Perlu perhitungan tersendiri untuk menentukan dosis aman konsumsi xanthone mengingat senyawa ini merupakan antioksidan sangat kuat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s